Pages

Hanya 25 Persen Air Bersih Layak Konsumsi

Artikel kali ini diambil dari kapanlagi.com yang dirilis tahun 2005!! Bayangkan saja pada tahun itu saja air sudah menjadi polemik di Indonesia apalagi pada tahun ini 2011. Jadi pada artikel ini dijelaskan betapa bahayanya kadar air yang mengandung besi yang bisa berdampak pada anak-anak dimasa mendatang. "Akibatnya baru akan dirasakan 20 hingga 40 tahun mendatang, disaat bayi dan anak-anak yang ada saat ini telah menjadi pemimpin negeri," Ketua Rona Lingkungan Universitas Riau, Ariful Amri.
Berikut ini artikel lengkap dari kapanlagi.com:
Kapanlagi.com - Ketersediaan sumber air bersih yang layak konsumsi di Indonesia semakin terbatas, akibat aktivitas pembangunan dan perambahan hutan secara serampangan sehingga membahayakan kelangsungan hidup masyarakat di masa mendatang.

"Sumber air bersih yang layak konsumsi itu hanya sekitar 25 persen dari 5.860 sungai yang tersebar di Indonesia. Dan itu pun yang tersisa hanya di kawasan Indonesia timur," ujar Ketua Rona Lingkungan Universitas Riau, Ariful Amri di Pekanbaru, Kamis (21/7).

Menurut dia, sungai-sungai di Sumatera, Jawa dan Kalimantan terkontaminasi zat besi yang berasal dari pengisikisan lapisan tanah maupun aktivitas pertambangan dan kegiatan industri lainnya.

Kebanyakan bentuk fisik air sungai tersebut menipu dengan kejernihannya namun bila diukur derajat keasamannya (PH) sangat rendah berkisar antara tiga atau empat.

Air sungai kelihatan jernih akibat sulfinasi dari sejumlah zat kimia berupa Ni, Fe, Zi, Mn dan zat lainya dari pengikisanlapisan batu bara."Air tersebut jernih namun memilii rasa sepet," ujar Ariful.

Bagi orang dewasa mengosumsi air yang kurang memenuhi standar kesehatan tersebut dalam jangka waktu pendek tidak akan berpengaruh terlalu besar.

Namun bagi anak-anak dan lansia, dalam waktu panjang akan mengakibatkan gangguan syaraf dan motorik akibat keracunan zat besi.

"Akibatnya baru akan dirasakan 20 hingga 40 tahun mendatang, disaat bayi dan anak-anak yang ada saat ini telah menjadi pemimpin negeri," ujarnya.
J-WATER | penyaring air | penjernih air | saringan air

 
Semua yang terkait dengan J-WATER dilindungi oleh hak cipta yang terikat oleh hukum yang berlaku di Indonesia. Dilarang keras memperbanyak isi konten yang terdapat di dalam web www.jwaterfilter.com tanpa ijin tertulis.